Selasa, 29 November 2016

Mengenal Jenis, Kelemahan, dan Kelebihan Beton Cetakan atau Pracetak Buatan Pabrik "Precast"

beton precast untuk rumah tinggal tapak
beton precast untuk bangun rumah tinggal.
Precast concrete atau  bahasa Indonesia-nya “beton pracetak" apaansih itu? apasih bedanya dengan beton konvensional?...

Itulah pertanyaan yang sering mucul bagi sebagian orang "awam" dalam bidang bangunan yah!.
Beton pracetak adalah kompenen atau elemen struktur yang tidak di-cor/ dicetak ditempat dimana elemen tersebut dipasang, melainkan dicetak/ di-cor di tempat lain dimana proses pengecoran dan perawatan dilakukan dengan baik sesuai metode yang ada. Setelah elemen itu jadi, lalu dibawa ke lokasi untuk disusun menjadi suatu struktur yang utuh sesuai fungsinya. Pada dasarnya beton pracetak itu tidak dibuat pada tempat pelakasanaan proyek, melainkan pabrik pracetak.

Artinya seperti ketika kita ingin membuat rumah pastinya membuat dinding dengan susuanan bata yang lurus dangan ikatan berupa tiang beton yang berisi besi pada setiap sisinya. Nah, beton precast adalah seperti membuat dinding dahulu disebuah tempat dengan ukuran yang sudah dihitung sesuai kebutuhan bangunan yang akan buat, setelah beton jadi, tinggal dibawa kelokasi dan ditempel deh antar sisi dindingnya!...Lebih simpel kan proses bangunannya???dan pastinya bangunan akan lebih cepat selesai lah.

\


PROSES PEMBUATAN BETON CETAKAN "PRECAST"

Diambil dari adhipersadabeton, Untuk precast beton atau disebut beton pracetak proses pembuatanya dengan menggunakan cetakan sesuai bentuk yang di inginkan, pertama yang disiapkan untuk mencetak beton precast adalah cetakan yang sesuai ukuran dan bentuk yang diinginankan dengan menggunakan cetakan.
Untuk mencetak precast beton menggunakan bahan dasar pasir yang pilihan kemudian dicuci bersih untuk menghilangkan endapan lumpur, pasir yang telah di cuci dicampur dengan semen sesuai takaran yang ditentukan kemudian dicetak dengan cetakan. Setelah bahan  tadi jadi dituangkan maka di tengahnya biberi besi tulangan kemudian ditutup kembali dengan adukan semen sesuai ukuran, untuk menghasilkan cetakan yang cepat kering maka diberi bahan pengering. Setelah itu akan menghasilkan yang disebut Precast Beton.



Sekarang apa sih keunggulan dari beton pracetak disbanding dengan beton konvensional?. Beton pracetak mempunyai keunggulan yang banyak disbanding dengan beton konvensional. Berikut keunggulan beton pracetak (sesuai pengetahuan saya) antara lain 
  1. Waktu pelaksanaan proyek bisa lebih cepat. Dengan menggunakan beton pracetak, misal pada proyek gedung, pada saat pekerjaan struktur masih dalam tahap pondasi, dimana pelaksanaannya bisa bersamaan dengan produksi beton pracetak (misal kolom pracetak lantai 1). Pada elemen-elemen yang akan dipasang terlebih dahulu bisa diproduksi lebih awal, pada saat umur beton telah tercapai dan pekerjaan struktur bawah selesai elemen tersebut siap dipasang. Dengan adanya pekerjaan overlapping maka proyek jadi lebih singkat.
  2. Pemakaian begesting yang lebih sedikit.
  3. Mutu yang terjamin, karena dilakukan dengan metode yang baik serta perawatan yang baik di pabrik pembuat beton pracetak.
  4. Mereduksi biaya konstruksi, karena upah pekerja pabrik pembuat pracetak lebih rendah daripada upah pekerja di proyek. (Bisa sampai 30%)
  5. Tidak berpengaruh pada cuaca alis tidak butuh waktu lama untuk mengeringkan seperti cara pengecoran manual.
  6. Lebih ramah lingkungan, karena lokasi proyek tidak banyak kotoran dari sisa-sisa beton dan begesting.

Itu keunggulan dari beton pracetak yang saya ketahui. Tidak ada gading yang tak retak. Begitu pepatah mengatakan, begitu juga dengan beton pracetak. Beton pracetak pasti juga memiliki kekurangan/ kelemahan. Kekurangan beton pracetak antara lain :
  1. Biaya tambahan untuk transportasi, karena dicetak pada pabrik pembuatan beton pracetak.
  2. Dibutuhkan peralatan yang mempunyai kapasitas besar waktu pelaksanaan erection (pemasangan).
  3. Diperlukan area stok yang luas untuk pelaksanaan curing (perawatan).
  4. Diperlukan area yang luas untuk pelakasanaan produksinya.
  5. Permasalahan teknis dan tambahan biaya yang akan muncul waktu pelaksanaan pemasangan elemen-elemen beton pracetak tersebut, terutama pada sambungan-sambungannya.
Itu yang menjadi kelemahan dari beton pracetak. Untuk meminimalisir maka perlu perencanaan dan metode yang tepat.
Setelah mengetahui apa keunggulan dan kelemahan dari beton pracetak itu, kompenen-kompenen struktur yang pelaksanaannya menggunakan beton pracetak. Metode beton pracetak bisa dilakukan konstruksi :
  1. Gedung (tiang pancang pracetak, balok dan kolom pracetak, dinding pracetak (façade) dan lantai pracetak).
  2. Jembatan (girder, deckslab, diafragma, voided slab).
  3. Penahan tanah (sheet pile).
  4. Bangunan rumah tinggal.

BERBAGAI JENIS BETON CETAK "PRECAST" YANG BIASA DIGUNAKAN.



Nah, beberapa produsen beton pracetak yang ada diIndonesia adalah sbb :


EmoticonEmoticon