Jumat, 15 April 2016

Memilih, Merawat, Membersihkan, Mencuci, Membongkar, Memperbaiki dan Servis Air Conditioning sendiri dirumah

Mengenai cara pilah-pilih AC yang paling sesuai dengan budget,daya listrik rumah, luas ruangan. kalian bisa temuin kejelasannya diartikel lengkapnya disini. 

Kali ini bahasan kita akan lebih kecakupan perawatan dan perbaikan AC yang ga dingin, bocor, nyala tapi seperti kipas angin, nyala tapi ga dingin. mati dan ga dingin, mati lampu dan AC ga bisa idup sampe ngejepret mcb waktu nyalain AC.




Kondisi pertama, kalian kudu baca dulu beberapa dasar alasan dan permasalahan umum yang sering terjadi saat kesalahan pemilihan AC broh kenapa udah pake AC tapi kaga dingin seperti dihgunung misalnya nih :

  1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 10.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3×4 kebutuhan Btu 6000 pakai 3/4PK dengan Btu 7.000. Untuk ruangan 5x5m dengan kebutuhan Btu 12.500 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.
  2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar.
  3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.
  4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.
  5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 60cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan.


Jadi kesimpulannya, kalau kamar ente luasnya 3x4m butuh 6.000Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 7.200 sebenarnya. Pakai AC 3/4PK jadi ga cukup sebenarnya, mau suhu 24 juga jadi susah. Apalagi kalau ada TV, Komputer, lampu, dll… Semua mesti dihitung loh. Kalau kamar 3×4 ada TV, kulkas, atau PC misalnya, dan ada 2 orang yang tidur di kamar harusnya pakai 1PK ya. Itu baru bisa menyentuh suhu 24 kebawah.
Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang kite sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 37 atau 38 derajat bahkan pernah 40C brohhh..
Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh
Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 37 atau 38 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 25 derajat atau 26 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter.
Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.
Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin
Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MINIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali.
Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 3 – 4 tahun pemakaian! Kite sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 – 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt kite sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya brohhh, sampe ngacak-ngacak nasi dipiring broh sangking keselnya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss… Parah oiiii… Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.
Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, MCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin.
Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.
kalo permasalahan diatas udah ga ada masalah, lanjut kepermasalahan kedua nih broh, yakni AC yang bocor pada bagian indoor / bagian dalam rumah/kamarnya berikut cara eksekusi penyelesaiannya.

TIGA HAL PENYEBAB KELUARNYA AIR AC:
1. Keluarnya air karena bagian dari proses 

Keluarnya air merupakan bagian dari proses kerja normal unit AC. Secara normal, sistem AC akan menghilangkan kelembaban dari udara di dalam rumah. Kelembaban ini akan mengembun dan kemudian mengalir turun dan keluar melalui lubang pembuangan di bagian bawah mesin. Secara umum, akan selalu ada cara untuk air mengalir keluar dari mesin.
Jika lopade liat sejumlah kecil air yang keluar dari AC Anda ketika unit sedang aktif, ini mungkin kondensasi yang normal dan Anda tidak perlu khawatir. Namun jika ternyata jumlahnya di luar batas normal, maka sudah saatnya Anda memanggil penyedia jasa servis AC karena hal tersebut pertanda bahwa AC dalam masalah.

2. Pemasangan AC yang kurang tepat kemiringannya
AC harus dipasang agak miring ke belakang ke arah luar, sehingga air akan mengalir ke saluran pembuangan. Jika tidak dipasang dengan benar, air bisa menetes keluar mesin dan bisa membasahi lantai ruangan.

3. Penumpukan debu dan pertumbuhan jamur

Penyebab kebocoran AC yang paling sering ditemukan adalah adanya debu, kotoran, dan benda lainnya yang menghambat dan menyumbat saluran pembuangan. Tersumbatnya saluran pembuangan air membuat air keluar dari unit AC melalui lubang lain di mesin sehingga akhirnya membuat kebocoran air melalui jalur yang tidak normal.
Penumpukan debu dan pertumbuhan jamur pada unit AC sebaiknya tidak dianggap remeh oleh Anda. Jika tidak dibersihkan dengan benar, jamur akan tumbuh dan menyebar. Kemudian, akan menyebarkan udara kotor yang tidak sehat. Inilah yang nantinya dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

cara perbaikan yang bisa dilakukan sendiri nih broh untuk mengatasi AC yang bocor 
Sebenarnya gampang saja, tinggal panggil tukang service AC...KELAR MASALAH!!
Namun lopade pengen mencoba mengatasi sendiri dulu kann biar iriit, kalau sudah angkat tangan baru panggil tukang AC. Kebocoran air pada unit Indoor AC terjadi biasanya apabila pipa drain/pembuangan air kondensat buntu/tersumbat oleh kotoran, bisa dari debu, bedak, hair spray atau kotoran lain. Sebenarnya air kondensat yang terjadi adalah hal yang wajar, karena udara yang mengenai pipa/sirip yang temperaturnya lebih dingin dari udara akan mengalami kondensasi. Untuk itulah pada konstruksi AC disediakan lubang dan pipa pembuangan air kondensat, masalah timbul apabila lubang/pipa drain tersebut tersumbat/buntu!!

Cara paling mudah untuk mengatasi lubang drain yang tersumbat tadi dapat dilakukan dengan cara menyemprot pipa pembuangan air dari bawah (dengan konsekuensi rangkaian elektrik AC bisa short terkena air). Cara yang lebih aman tentunya dengan menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC), cara ini lebih repot karena harus membuka cover unit Indoor AC.
Akhirnya cara ke-2 contoh yang kite ambil nih, yaitu menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC). Langkah-langkah yang kite lakukan sebagai berikut:
  1. Membaca manual book dari AC tentang bagaimana cara membuka cover unit Indoor. hal ini sangat penting karena bisa jadi ada beberapa baut yang posisinya tersembunyi. Kebetulan AC kite adalah merk Sharp Plasmacluster 1/2PK, dimana untuk membuka cover harus melepas 2 buah baut yang tertanam di bagian dalam

  2. Kalau perlu cabut steker sumber listrik atau sekering untuk lebih aman.
  3. Buka tutup cover sesuai petunjuk dalam manual. Gambar ini menunjukkan cover sudah terbuka.

  4. Cari lubang drain air kondensat, posisinya agak tersembunyi. Kalau sudah ketemu pasang selang kecil (selang yang kite pakai selang untuk aki sepeda motor) seperti gambar berikut.

  5. Semprot/tiup selang tadi menggunakan air, gampangnya kita kumur-kumur pake air (baiknya air minum jaga-jaga kalau tidak sengaja tertelan hehe,,) lalu airnya kita semprotkan ke selang yang kita pasang tadi. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih. Bila kita lihat pipa drain di bawah akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air kondensat.
  6. Setelah selesai rakit kembali unit Indoor. kalo ga bisa rakit, alias bisa buka ga bisa nutuplagi, pulang kampung aja sono.
  7. Bonusnya broh: dengan membuka cover unit Indoor lopade akan bisa sekalian membersihkan saringan udara dan kisi-kisi evaporator. bisa menggunakan air bertekanan atau penyemprot burung brohh..burung beneran ya bukan burung yang suka diemut-emut..hehe.
dan juga lopade kudu baca nih permasalahan klasik yang sering terjadi pada AC dikutip langsung dari PANASONIC broh! daripada dikit-dikit panggil tukang AC kan mendingan dicoba benerin sendiri kalo udah give up, baru panggil abang servis AC biar ga rugi-rugi banget broh..hehe.
lagian biaya pasang AC kan lumayan mahal broh kisaran Rp.150k - 200k (di daerah yah bukan kota), dan kalo servis bersihin AC juga minimal Rp.100K broh! ga bakalan ada yang mau disuruh bersihin AC dibayar 20K jaman begini mah kecuali sodara ya, tuh juga langsung mesem muka sodara broh!
tapi kalo recehan ente banyak mah mendingan pangil tukang servis AC yang bener deh biar bagi-bagi rejeki broh! toh recehan kok yang dikeluarin juga.

Pertanyaan1. Mengapa MCB kadangkala tidak mulus dan kami harus me-reset kembali saat AC sedang beroperasi, seringkali pada saat permulaan?

Jawaban1.

Mungkin MCB tersebut terlalu kecil. Silahkan tanyakan ukuran MCB yang dianjurkan pada pusat layanan kami untuk model yang anda miliki.

Pertanyaan2. Mengapa es terbentuk pada pipa-pipa tembaga pada unit kondensor luar?

Jawaban2.

Ada dua kemungkinan. Es yang terbentuk pada pipa keluar (yang berukuran lebih kecil) adalah karena kurangnya gas dalam sistem AC. Sedangkan es yang terbentuk pada pipa penyedot (yang lebih besar) mungkin disebabkan oleh unit koil kipas yang kotor, filter yang kotor atau, blower unit dalam yang tidak berputar.

Pertanyaan3. Apakah kami perlu merawat unit Kondensasi luar? Jika ya, seberapa sering?

Jawaban3.

Anda harus membersihkan unit kondensasi setidaknya sekali setahun untuk memastikan sirkulasi udara unit tidak terhambat. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi pendinginan, memperpendek umur kompresor dan bahkan meningkatkan biaya listrik. Kadang kala, hal ini tergantung pada kondisi lingkungan, anda perlu petunjuk dari teknisi ahli.

Pertanyaan4. Apakah keuntungan dari National Air Purifying Filter (Saringan Pembersih Udara National) dan seberapa seringkah harus kami ganti?

Jawaban4.

National Air Purifying Filter dapat menyerap bau asap rokok, bau badan, kotoran dan partikel-partikel berbahaya di udara. National menganjurkan agar filter pembersih diganti setiap tiga bulan sekali. Atau warna dari filter pembersih (aslinya berwarna putih) berubah menjadi salah satu dari warna-warna contoh yang tertera pada mesin. (Anda dapat membuka tutupnya dan melihat dua contoh warna). Catatan: Hanya berlaku untuk alat yang memiliki filter pembersih udara.

Pertanyaan5. Mengapa ada air yang bocor keluar dari AC?

Jawaban5.

Saluran pembuangannya mungkin tersumbat karena kotoran yang menumpuk di pipa pembuangan. ATAU, AC-nya mungkin kotor. ATAU, zat pendinginnya tidak cukup. ATAU, kemiringan pipa pembuangan tidak benar atau pipa pembuangan yang terlalu panjang dipasang pada tempat yang sempit.
Pertanyaan 6: Mengapa AC-nya sangat berisik.

Pertanyaan6. Mengapa AC-nya sangat berisik??

Jawaban6.

Blower dan koil mungkin kotor. ATAU, suara berisik dapat disebabkan oleh getaran karena permukaan dinding yang tidak rata atau berupa partisi kaca atau partisi kayu lapis yang tipis, dimana jika kompresor bekerja, suara bising dapat masuk kedalam ruangan (yang berhubungan dengan AC ruangan dan unit luar-nya).

Pertanyaan7. Mengapa AC tidak dingin?

Jawaban7.

Periksalah jika thermostat dipasang terlalu tinggi. ATAU, pilihan mode operasinya salah. ATAU, AC kotor. ATAU, zat pendinginnya kurang. ATAU, unitnya terlalu kecil. ATAU, arah ruangan yang salah, mis. menghadap sinar matahari langsung ATAU, distribusi udara yang buruk ke seluruh ruangan karena bentuk dari ruangan tersebut. Lokasi AC yang salah dan saluran udara keluar terhambat perabot, benda-benda dekorasi, dll


Gimana artikelnya? manfaat banget apa manfaat aja? kalo manfaat banget semoga kite dapet pahala deh broh dan iklannya pada diklikin lopade para pembaca setia....BAY...