Jumat, 19 Februari 2016

Jenis kaca bangunan & kaca pelapis yang tersedia dipasaran

Kaca adalah amorf (non kristalin) material padat yang bening dan transparan (tembus pandang), biasanya rapuh. Jenis yang paling banyak digunakan selama berabad abad adalah jendela dan gelas minum. Kaca dibuat dari campuran 75% silikon dioksida (SiO2) plus Na2OCaO, dan beberapa zat tambahan. Bahan tambahan lain yang sering dicampurkan saat pembuatan kaca adalah Sodium karbonat (Na2CO3) yang bertujuan menurunkan titik lebur sampai 1000Celcius yang juga membuat kaca mampu melarutkan bahan tambahan lainnya. Penambahan Kalsium oksida (CaO) juga bisa ditambahkan untuk mencegah kaca melarutkan bahan tertentu sehingga dapat membentuk berbagai paduan jenis kaca , dengan titik leleh yang rendah dan penambahan bahan yang sesuai kebutuhan sehingga terbentuk berbagai jenis kaca sesuai kebutuhan masyarakat.


Pembuatan kaca, umumnya dilakukan secara pyrometalurgi. yangmana bahan silikon dioksida atau istilah masyarakat dikenal sebagai pasir silika, dilelehkan pada suhu sampai 2000 celcius dalam sebuah tungku, lelehan tersebut ditambahan bahan lain seperti boraks, , Na2CO3, Na2O, CaO, MgO atau bahan lainnya sesuai dengan jenis kaca yang akan dibuatnya. yang kemudian dilakukan proses pengadukan dan pencetakan sesuai ukuran kaca yang tersedia. vidio pembuatan kaca ini bisa disimak langsung pada vidio dibawah namun kali ini vidio pembuatan kaca cermin.


Kaca pada bahan bangunan , kaca umumnya digunakan sebagai jendela namun, saat ini penggunaan kaca lebih ditentukan dengan kebutuhan atau spesifikasi ruangan. Saat ini kaca mampu digunakan sebagai kanopi, skat kamar mandi, cermin satu sisi dan keperluan lainnya.

Secara umum jenis jenis kaca adalah sebagai berikut.
  1. Clear Float Glass / Kaca bening
  2. Iced Glass / Kaca Es
  3. Rayban Glass / Kaca berwarna
  4. Reflective Glass / Kaca reflektif (mampu merefleksikan cahaya)
  5. Safety Glass / Kaca pengaman
  6. Sunenergy glass / Kaca tidak ramah lingkungan
  7. Double glassing glass / kaca dualapis
  8. Mirror Glass / Kaca cermin
  9. Glassbox / Kaca kubus
Sedangkan penggolongan Kaca Berdasarkan Ketebalannya dibagi menjadi 3 kelompok yakni
  1. Tebal tunggal (ketebalan  0,8 – 1,8 mm) biasa digunakan untuk peralatan lab dan cermin
  2. Tebal ganda (ketebalan 1,8 – 4 mm) biasa digunakan untuk jendela rumah, perabot
  3. Tebal rangkap (5 – 7 mm) biasa digunakan untuk etalase dan penyekat ruangan



1. CLEAR FLOAT GLASS / KACA BENING



Clear float glass atau kaca bening merupakan kaca dengan ketebalan yang dari 2mm – 19mm yang di produksi dengan sistem produksi float oleh Asahimas sehingga menghasilkan permukaan yang rata dan memiliki pantulan yang sempurna.
Ketebalan kaca yang umumnya digunakan pada jendela/pintu yaitu 5mm, 6mm, 8mm, 10mm, dan 12mm, tergantung dari luas area jendela/pintu. Pada umumnya produk yang kami tawarkan pada jendela dengan ukuran normal menggunakan tebal 5 mm sedangkan pintu normal menggunakan 6mm.
Kaca float merupakan standard bagi anda yang tidak memiliki spesifikasi khusus dan harganya paling terjangkau.

Sifat kaca bening ini adalah: transparan. Fungsi: untuk menghangatkan ruangan.

Beberapa kelebihan atau keunikan kaca polos adalah:

  • Simpel.
  • Bagus untuk pencahayaan. Jadi bisa menghemat listrik (lampu).
  • Harga lebih murah.
  • Mudah dibersihkan sebab jika kotor akan lebih tampak dengan jelas.
  • Mudah didesain untuk keperluan gravir, dsb.
  • Jenis dan ukuran paling beragam
  • Kaca ini memiliki permukaan yang sangat bersih, rata dan bebas distorsi
  • Karena sifat kacanya yang tidak berwarna, jenis kaca ini memberikan tingkat transmisi yang tinggi bahkan mencapai lebih dari 90% serta memberikan bayangan yang sempurna.
  • Kaca ini banyak digunakan untuk eksterior maupun interior bangunan perumahan ataupun gedung-gedung bertingkat. Namun kaca ini tidak direkomendasikan untuk ektserior bangunan bertingkat karena kaca ini tidak terlalu kuat menahan panas matahari.
  • Kaca ini juga dapat digunakan untuk perabot rumah tangga, misalnya lemari, table top, dinding dekorasi, akuarium dan sebagainya.
  • Ketebalan kaca ini bervariasi, yang umum dipakai mulai dari 5mm, 6mm, atau 8mm. Pemilihan ketebalan kaca disesuaikan dengan bentang kaca yang akan dipasang.

2. ICED GLASS / KACA ES
Iced Glass atau kaca es merupakan kaca yang memiliki permukaan pada satu sisinya sehingga hanya bisa dilihat pada satu sisi. Ketebalan kaca yang tersedia hanya 5mm sedangkan untuk ketebalan lainnya kami sarankan untuk menggunakan stiker. Pada umumnya kaca jenis ini digunakan pada WC, kamar mandi dan juga pada area yang hanya dilihat dari satu sisi.
Jenis kaca ini pada salah satu sisinya memiliki tekstur dengan pola tertentu. Tekstur pada kaca dihasilkan dari roll dengan pola tertentu pada saat kaca dibuat. Kaca ini mampu memberikan efek dekoratif dan mengaburkan bayangan, dengan teksturnya kaca ini juga mampu mengurangi sinar matahari yang diterima sehingga ruangan tidak silau.
Saat ini penggunaan kaca es tidak terlalu banyak digunakan, masyarakat lebih banyak memilih menggunakan stiker kaca es karena harganya lebih murah dengan manfaat yang sama baiknya. Kaca es umumnya digunakan untuk interior seperti partisi, pintu kamar mandi, pintu kabinet, dan shower box.
Beberapa keunggulan dari kaca Es adalah sbb"




  • Kaca es, adalah kaca yang terdapat tekstur dengan pola tertentu pada salah satu sisinya.
         Pada produk Asahimas, jenis kaca ini disebut dengan kaca Indofigur.
  • Kaca jenis ini diproduksi dengan cara yang disebut roll-out process, di mana leburan ahan baku kaca              dialirkan     melalui sepasang rol dengan satu rol memiliki pola tertentu, sehingga pada salah satu                    permukaan kaca akan       tercetak pola sesuai dengan pola pada rol.
  • Karakter jenis kaca ini, memberikan efek dekoratif, efek pencahayaan dan efek pembayangan yang                menarik, serta memiliki kemampuan mereduksi silau secara maksimum. Penggunaan kaca ini lebih                banyak dipakai pada interior bangunan, yaitu untuk partisi, dinding, pintu perabot         rumah dan kaca           pada kamar mandi.

  • 3. RAYBAN GLASS / KACA BERWARNA
    Dalam istilah teknis, kaca jenis ini disebut tinted glass. Kaca ini merupakan kaca float yang diberi lapisan warna yang terbuat dari campuran logam, terdapat berbagai jenis warna seperti hitam, biru gelap, biru kehijauan, abu-abu gelap, dan hijau gelap. Kaca warna mampu menyerap panas sinar matahari sampai 55% sehingga dapat mengurangi beban pendingin ruangan dan memberikan kenyamanan pada penghuninya. Selain itu, karakteristiknya yang tidak tembus pandang dapat memberi dan menjaga privasi penghuni. Kaca Rayban ini hanya tersedia ukuran 5mm dan 6mm.

    Kaca jenis ini sesuai dengan anda yang ingin meredam pencahayaan berlebihan yang masuk dari luar, sehingga suasana ruangan lebih sejuk dan menghalangi pandangan orang untuk melihat ke dalam ruangan.

    Kaca rayben bersifat sulit dilihat dari sisi luar & mampu menyerap cahaya . Kaca jenis ini biasa digunakan pada kaca film mobil sampai kaca film gedung bertingkat. Secara umum kaca rayben 
    digolongkan menjadi beberapa bagian yakni
    1. Rayben Hitam
    2. Panasap
    3. Rayben Warna (Biru, Hijau, dan Coklat)

    Keunggulan kaca berwana yang dikenal masyarakat adalah sbb:

    • Kaca ini biasa disebut dengan kaca rayben, untuk kaca warna hitam. Istilah teknisnya adalah tinted glass. Pada produk Asahimas, menggunakan istilah panasap glass.
    • Kaca panasap merupakan kaca float yang diberi warna dengan menambahkan sedikit logam pewarna seperti kobalt, besi, silenium, dan sebagainya pada bahan baku kaca.
    • Kaca panasap mampu menyerap 55% panas matahari, sehingga akan mengurangi beban pendingin ruangan dan memberikan rasa nyaman pada penghuni bangunan. Dengan warna kaca tersebut, maka sifat tembus pandang kaca menjadi rendah, sehingga memberikan kebebasan privasi bagi penghuni bangunan.
    • Warna yang tersedia pada kaca panasap adalah blue green, dark blue, euro grey, dark grey, bronze dan green.
    • Karena warna yang terkandung pada kaca, maka semakin tebal kaca, akan warnanya akan semakin gelap dan tingkat penyerapan panas matahari akan semakin tinggi.
    • Kaca jenis ini dapat digunakan baik untuk eksterior maupun interior bangunan. Namun dalam penerapannya, jenis kaca ini lebih banyak dipakai pada eksterior bangunan, baik untuk pintu dan jendela, maupun pada curtain wall. Untuk pintu da jendela, biasa digunakan tebal kaca 6mm. Sedangkan pada curtain wall, digunakan tebal kaca 8mm atau 10mm, tergantung bentang kaca dan hasil perhitungan beban angin.


    4. REFLECTIVE GLASS / KACA REFLEKSI
    Reflective Glass atau stopsol adalah kaca yang dilapisi dengan lapisan metal transparan oksida logam tipis melalui sebuah proses pyrolysis. Dengan lapisan tersebut, kaca yang dihasilkan akan menjadi lebih tahan lama bentuk dan warnanya. Pelapisan ini hanya dilakukan pada satu sisi permukaan kaca. Ada dua jenis Reflective Glass yaitu supersilver dan classic, dengan pilihan warna Clear, Blue green, Eurogrey, Dark Grey, Dark Blue, Green, dan Blue green

    Reflective Glass memiliki ketahanan kualitas, keindahan untuk jangka waktu lama karena ketahanan terhadap perubahan cuaca. Kaca ini memantulkan cahaya dan panas, serta mengurangi beban energy pendingin ruangan serta memberikan penampilan yang mewah dan modern.

    reflectife glass ini 
    digolongkan menjadi beberapa bagian yakni
    1. Kaca Stopsol ( kaca seperti cermin karena dilapisi lapisantransparan tipis.)Karena sifatnya seperti cermin (dilapisi lapisan transparan tipis). Kaca Stopsol memberikan perlindungan yang bagus dari panas matahari dengan cara merefleksikan kembali panas yang datang dari matahari. Inipun berdampak pada kinerja Air Conditioner bekerja sehingga tidak terlalu berat bebannya. Stopsol juga mempunyai ketahanan yang kuat terhadap polusi karena lapisan reflektif yang di pasang pada saat pembuatan kaca.
    2. Kaca One Way ( kaca tembus pandang satu arah)Sifatnya tembus pandang dari satu arah. Beginilah tampak kondisi yang sebenarnya jika menggunakan kaca one way. Dari dalam kita bisa memandang semua pemandangan yang ada di luar, namun demikian orang luar tidak akan mungkin bisa melihat kita sama sekali. Terkecuali di waktu malam di mana cahaya dalam ruang lebih terang dari luar. 
    Keunggulan kaca refleksi / reflective glass dibanding jenis kaca lainnya adalah :
    • Kaca reflektif adalah jenis kaca yang mampu memantulkan cahaya dan mereduksi sifat tembus pandang dari sisi luar, sehingga sering pula disebut dengan kaca one way. Pada produk Asahimas kaca ini disebut dengan istilah kaca stopsol.
    • Dalam pembuatannya, kaca ini dilapisi dengan pelapis transparan tipis dari oksida logam (sebagai lapisan pemantul) melalui proses pyrolysis.
    • Lapisan kaca refletif ini bersifat memantulkan cahaya dan panas, serta mampu memberikan penampilan yang mewah, sekaligus menurunkan beban energi pengkodisian udara.
    • Lapisan coating reflektif ini dapat dilapiskan pada kaca clear maupun panasap (warna) blue, dark blue, grey dan green.
    • Kaca ini biasa digunakan pada bukaan pintu atau jendela dinding luar, yang diharapkan berpenampilan mewah pada bangunan. Untuk bangunan bertingkat, terutama digunakan digunakan pada tipe dinding kaca eksterior (curtain wall).

    5. SAFETY GLASS / KACA PENGAMANKaca jenis ini adalah kaca yang digunakan untuk tujuan keamanan dan keselamatan, tentunya hal ini membuat kaca ini memiliki kelebihan super dalam hal kekuatannya, baik ketahanan terhadap energi panas, benturan, gesekan, sampai tumbukan. Sejauh ini kaca pengaman banyak digunakan sebagai pengaman kendaraan sebagai kaca anti peluru, kaca anti pecah sampai kaca anti serangan mematikan lainnya
    Kaca pengaman digolongkan menjadi beberapa bagian yakni

    1 .Tempered Glass 
    Kaca yang diperkeras dengan memanaskan kaca hingga suhu 700°C melalui tempery process, kemudian didinginkan mendadak dengan menghembuskan udara ke seluruh permukaan kaca.
    Kaca yang biasadigunakan :Bening, Panasap, danstopsol

    Keunggulan kaca jenis ini adalah sbb:
    • Ketahanan terhadap perubahan suhuKaca tempered mempunyai daya tahan terhadap perubahan suhu kira-kira 3-5 lebih tahan dari kaca float biasa. 
    • Pecahan kaca dalam bentuk partikel dan tumpul sehingga aman. Pecahan Kaca tempered berbentuk kecil-kecil dan tumpul tidak seperti kaca biasa yang pecahannya rangat runcing dan tajam, sehingga pecahan ini sangat aman.
    • Secara singkat, kaca tempered adalah jenis kaca yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi, dibandingkan dengan kaca biasa.
    • Kaca tempered adalah kaca yang diperkeras dengan cara memanaskan kaca float biasa hingga mencapai temperatur 700 derajat celcius, kemudin didinginkan mendadak dengan menyemprotkan udara secara merata merata pada kedua permukaan kaca. dengan proses ini, maka terjadi perubahan fisik kaca, yaitu terjadi perubahan gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tapi secara visual tidak terjadi perubahan.
    • Dengan ketebalan yang sama, kekuatan kaca tempered mampu mencapai 3-5 kali lipat dari kekuatan kaca biasa, terhadap beban angin, tekana air, benturan dan terhadap perubahan temperatur yang tinggi (thermal shock).
    • Jika pecah, pecahan kaca tempered berbentuk kecil-kecil dan tumpul, sehingga sangat aman bagi manusia (tidak akan melukai manusia).
    • Penggunaan kaca tempered terutama untuk bukaan-bukaan atau dinding kaca pada bangunan yang menuntut tingkat keamanan yang tinggi.
    • Penggunaan lain adalah untuk pintu-pintu tanpa rangka (frameless), seperti pintu utama maupun partisi kamar mandi.
    • Selain itu kaca tempered juga digunakan untuk railing kaca pada tangga dan void, eskalator dan lift.
    • Catatan: kaca tempered tidak boleh diganggu oleh proses-proses lebih lanjut seperti pemotongan, penggosokan tepi, pembuatan lubang dan lain-lain. Proses-proses ini akan melemahkan kekuatan kaca, bahkan dapat menyebabkan pecahnya kaca itu sendiri. Untuk itu semua ukuran dan jenis aksesoris harus sudah dapat ditentukan dengan pasti sebelum proses tempered dilakukan.
    Penggunaan
    • Pintu pintu bebas rangka (frameless tempered glass doors).
    • Bukaan bukaan/dinding kaca pada bangunan yang menurut tingkat keamanan yang tinggi.
    • Skylight, Canopy, Lantai, Panggung.
    • Dinding kaca batas tangga, eskalator dan lift.
    • Furniture dan dekorasi, seperti meja, lemari kaca dll.
    • Kaca kaca jendela kendaraan bermotor. 
    • Penggunaan penggunaan lain yang memerlukan kekuatan kaca khusus, seperti untuk dinding lapangan squash dan lain lain. 
     
    2.  Laminated Glass/Kaca Antipeluru
    Kaca yang mengalami proses laminasi dengan tingkat keamanan & perlindungan tinggiterdiri dari dua/lebih kaca datar/lengkung dan disatukan dengan satu/lebih lembaran film polivinil yang transparan, fleksibel, dan kuat. Karakteristik kaca jenis ini yakni  : pecahan kaca tidak akan jatuh berhamburan tetapi tetap melekat pada film dan kaca tetap terpasang pada rangkanya.
    Keunggulan kaca jenis ini adalah sbb:
    • Kaca laminated merupakan kaca dengan tingkat keamanan dan perlindungan  yang tinggi terhadap penghuni. Jika terjadi sesuatu yang menyebabkan pecahnya kaca, maka kaca laminated tidak akan berhamburan, tapi hanya retak dan sangat sulit ditembus
    • Kaca laminated terdiri dari komposisi satu atau lebih lebih lembaran polifinil yang transparan, fleksibel dan sangat kuat, dengan satu atau lebih lembaran kaca float, dan disatukan melalui proses pemanasan dan pengepresan
    • Karakterisitik kaca laminated, ialah bahwa pecahan kaca tidak akan jatuh atau berhamburan, namu tetap melekat pada filmnya, dan kaca tetap terpasang pada rangkanya.
    • Kaca laminated yang sudah pecah, tetap suit sekali ditembus oleh manusia sehingga memberikan tingkat keamanan yang sangat tinggi bagi penghuninya.
    • Penggunaan kaca laminated terutama untuk atap kaca, skylight, dinding kolamm renang dan lain-lain, di mana tidak diinginkan adanya reruntuhan kaca jika pecah.
    • Kaca laminated juga digunakan untuk lemari pajang barang-barang berharga (anti pencuri)
    • Kaca laminated yang terdiri dari dua lembar kaca biasanya digunakan untuk bangunan-bangunan. Sedangkan yang terdiri lebih dari dua lembar biasanya untuk penggunaan-penggunaan khusus seperti kaca taha peluru, kaca akuarium yang besar dan kaca pesawat terbang
    • Catatan: hindari proses lanjut pada kaca laminated seperti pemotongan, pembuatan lubang dan aksesoris lain, walaupun mungkin dapat dikerjakan, tapi akan sangat sulit dan tidak rapi. Semua ukuran dan aksesoris harus sudah tepat, sebelum proses laminate dikerjakan.
    Penggunaan
    • Untuk pintu partisi digedung ataupun dirumah pribadi dimana kekuatan dan kebeningan kaca serta keamanan dibutuhkan.
    • Untuk Kaca atap (skylight, kanopi), kaca lantai, dll
    • Untuk kaca depan dan kaca jendela dari berbagai jenis kendaraan.
    • Untuk kaca anti peluru.
    • Untuk loket dan tempat menyimpan dan memamerkan barang-barang berharga.
    • Dengan polyvinil film yang berwarna akan menjadikan kaca laminated sebagai hiasan yang indah untuk jendela dan partisi.
    • Arsitektural, karena kelebihan yang dimiliki kaca laminated, maka semakin banyak arsitek menggunakannya pada gedung gedung yang ramai dikunjungi orang atau dirumah rumah dimana banyak anak anak bermain. Loket penjualan karcis di bioskop bioskop, loket di bank dan tempat penyimpanan barang barang berharga.
    • Kaca laminated juga digunakan pada jendela-jendela yang harus menahan kerasnya tiupan angin atau derasnya tekanan air.
    • Karena daya tahan yang.tinggi terhadap benturan dan tekanan angin, maka kaca laminated merupakan kaca pengaman yang baik untuk kaca depan dan jendela kendaraan bermotor (mobil, kereta api, kapal laut, pesawat udara).
    3. Kaca film
    Kaca bening yang dilapisi dengan lapisan film yang terbuat dari polyester.Fungsinya untuk menahan sinar matahari & juga sebagai pengaman. Kaca film banyak digunakan pada kaca kendaraan bermotor, kaca film mobil, sampai kaca film untuk smartphone

    4. Kaca bending (curved glass) / Kaca lengkung
    Kaca yang dilengkungkan dengan dipanaskan kembali sehingga mencapai fase lunak, lalu dilengkungkan sesuai keinginan dengan menggunakan pola cetak, kerangka, atau mal.
    Jeniskaca yang bisa digunakan adalah kaca bening, panasap, / stopsol.
    Ketebalannya mulai5hingga 19 (mm).


    6. SUNENERGY GLASS / KACA TIDAK RAMAH LINGKUNGAN
    Kaca sunergy adalah kaca yang diproses melalui proses vacumm sputtering, kaca bening dilapisi dengan beberapa material untuk menghasilkan sebuah produk kaca jernih dan transparan yang mampu menyerap panas matahari sehingga dapat mengurangi beban pendingin.
    Kaca Sunergy mempunyai karakteristik yang sangat bening yang memiliki kemampuan untuk menghemat energy dengan menolak panas dan sinar UV dari matahari hingga 87%. Kaca Sunergy tersedia dua warna yaitu Clear & Green.

    7. DOUBLEGLASSING GLASS / KACA DUALAPIS
    Kaca Double Glassing merupakan kaca yang terdiri dari dua atau lebih lapisan kaca dipisahkan menggunakan aluminium atau jenis spacer di sekitar tepi. Kaca Double glassing mengurangi energi panas matahari langsung sehingga memberikan suhu kamar yang stabil tanpa terjadi kondensasi.
    Kaca Double glassing umunya digunakan pada ruangan yang memiliki perbedaan cukup tinggi dengan luar ruangan, sehingga sering digunakan untuk mengurangi biaya untuk AC, dan  mengurangi kebisingan. 

    8. MIRROR GLASS / KACA CERMIN
    Merupakan jenis kaca yang mampu memantulkan cahaya dan mereduksi sifat tembus pandang dari sisi luar, sehingga sering pula disebut dengan kaca one way, karena akan terlihat trasnparan di satu sisi, tetapi terlihat seperti cermin di sisi lainnya. Kaca cermin dibuat dengan tambahan lapisan oksida logam, melalui proses pyrolisis. Kaca ini sangat sesuai untuk Anda yang menginginkan privasi terjaga.

    9.GLASS BOX 
    Glass box merupakan kaca berbentuk kubus atau 3 dimensi yangmana biasa digunakan untuk penerangan pada daerah tertutup namun tidak mengurangi kekuatan bangunan. Daya tembus kaca glassbox ini kecil dan motifnya beragam. Dimensi yang biasa tersedia dipasaran yakni :20 cm x 10 cmx  20 cm.


    EmoticonEmoticon